Cara menyimpan udang untuk memancing dengan ice pack

Bagi pemancing laut umpan udang mungkin sudah tidak asing lagi, terutama bagi pemancing yang hobi mancing dasaran dengan target ikan kakap merah atau anakan GT. Tetapi adakalanya umpan udang hidup yang sudah kita siapkan dari rumah ketika sampai dilokasi sudah banyak yang mati, akibat dari cara yang kurang tepat dalam membawanya.

Udang adalah hewan crustacea yang terkenal sebagai sumber makanan penting bagi hewan–hewan laut dan berbagai jenis ikan. Kondisi udang yang masih hidup menyebabkan umpan ini menjadi bergerak – gerak secara alami sehingga lebih menarik ikan pemangsa. Kondisi segar udang menyebabkan umpan udang juga lebih disukai ikan. Dalam memancing ikan di dasar laut, umpan yang tepat adalah kunci keberhasilan pemancingan itu sendiri.

Berikut ini beberapa tips yang mungkin bisa digunakan agar umpan udang yang akan kita gunakan bisa tetap segar dan hidup pada saat kita sampai dilokasi (udang yang dimaksud disini adalah udang tambak/werus).

1. Masukan ice pack / blue ice ke dalam cool box mariner 35 liter (untuk perbandingan dimensi saja) untuk menjaga suhu supaya tidak terlalu dingin buat udang.

2. Taburkan daun pisang yang disuwir suwir  4cm lalu diremas sampai patah hingga menutupi seluruh dasar cool box beserta es batu hal ini bertujuan untuk menahan supaya uap es batu tidak menyentuh udang (udang tidak sampai mengembun) karena pada kondisi ini udang pasti mati kalau terkena embun es batu apalagi ke siram air tawar.

3. Sediakan penyangga kira-kira 30 cm agar terdapat ruang kosong untuk menyimpan suhu ideal buat udang.

4. Tempatkan saringan / keranjang diatas penyangga  bisa dibuat dari kawat kandang ayam yang banyak dijual di toko bangunan.

5. Letakkan 2kg udang werus hidup diatas kawat kasa tadi, baringkan secara merata.

6. Tutup cool box dengan diganjal kertas pada tutupnya kira kira ½ cm buat sirkulasi udara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *